Loading...

Tips Cara Mengatasi Komputer yang tidak bisa di Shutdown

Tips Cara Mengatasi Komputer yang tidak bisa di Shutdown

Mengatasi+Komputer+yang+tidak+bisa+Shutdown
Tips Cara Mengatasi Komputer yang tidak bisa di Shutdown - Pernahkah diantara sobat yang mengalami kejadian dimana komputer tidak bisa di shutdown??. Ini yang IT Newbie alami, saat itu komputer kami tidak bisa di shutdown. Mungkin untuk permasalahan seperti ini bagi pemula sangat pusing dan sangat merepotkan bahkan sampai-sampai dimatikan secara paksa melalui tombol power dan kadang langsung dicabut kabel powernya.
Terkadang proses shutdown cukup lama dan terkadang juga berhenti di tengah jalan bahkan sama sekali tidak merespon atau hang. Yang terjadi biasanya pada windows XP maupun Windows 7 Untuk mengatasi komputer yang tidak bisa di shutdown, sobat bisa mengikuti langkah-langkah utamanya yaitu :
1. Sobat bisa klik start - RUN - Regedit
2. Buka dan cari HKEY_CURRENT_USER - Control panel - Desktop
3. Sobat bisa mengklik 2 kali pada PowerOffActive dan ubah nilanya menjadi angka 1
Dalam tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Pengertian dan Dampak Overclock pada Komputer dan Cara Menganalisa Kerusakan Komputer yang Mati Total dan Hang Namun lagi-lagi IT Newbie akan membahas troubleshooting Cara Mengatasi Komputer yang tidak bisa di Shutdown, Namun sebelumnya akan kami jelaskan penyebab komputer tidak bisa di shut down, sebagai berikut :
1. Penyebab komputer tidak bisa di shutdown karena : registry fast shutdown masih dalam keadaan aktif. Untuk mengatasinya sobat bisa buka regedit/registry kemudian sobat bisa menonaktifkan fitur tersebut.
2. Penyebab komputer tidak bisa di shutdown karena : setting pada BIOS, setting pada menu BIOS pada bagian power. Untuk mengatasinya sobat bisa melakukan pada settingan default pada BIOS.
3. Penyebab komputer tidak bisa di shutdown karena : masih adanya program/aplikasi yang masih berjalan. Untuk mengatasinya sobat bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan setelah itu matikan komputer.
4. Penyebab komputer tidak bisa di shutdown karena : ada device yang tidak kompatibel, corrupt. Untuk mengatasinya periksa driver yang baru saja sobat pasang, kemungkinan device tersebut yang membuatnya corrupt alias komputer tidak bisa dimatikan.
5. Penyebab komputer tidak bisa di shutdown karena : adanya error pada adapter video, Untuk mengatasinya sobat bisa ganti VGA card.
Dari uraian diatas merupakan permasalahan komputer yang sering IT Newbie alami, jika sobat mempunyai saran atau tambahan dari uraian diatas, sobat bisa berkomentar di bawah form komentar.
Dari 5 penyebab dan solusi diatas setidaknya sobat dapat mengatasi komputer yang tidak bisa di shutdown.
Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan sobat dan bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP