Loading...

Laptop Kena Air ? Ini hal Pertama Yang Wajib Dilakukan

Laptop Kena Air ? Ini hal Pertama Yang Wajib Dilakukan

Pasti belum banyak orang tahu bagaimana langkah pertama yang harus dilakukan jika laptop kena air karena tentu saja kejadian tersebut sudah kita hindari dan tahu bahwa jika tersiram air maka akan fatal akibatnya. Tapi pasti ada juga kejadian seperti ini misalnya
laptop tersiram kopi atau air teh pada saat kita sedang asyik asyiknya online. Jika sudah seperti ini, yang pertama dilakukan adalah jangan panik dulu dan ikuti langkah langkah solusi saya dibawah ini.
Berikut adalah beberapa hal yang wajib dilakukan jika laptop kita kena air, khususnya di bagian bagian yang memungkinkan air merembes masuk seperti misalnya di bagian keyboard.
  • Segera matikan laptop dengan cara mencabut power listrik PLN dan baterai laptop dicabut untuk mencegah terjadinya korsleting pada rangkaian dalam laptop.
  • Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke laptop untuk jaga jaga bila terjadi korslet maka tidak merembet ke perangkat lainnya.
  • Segera balikkan laptop sehingga air yang mungkin untuk bisa turun tidak keburu menyebar ke bagian internal lain di dalam laptop. Namun jika sudah terlanjur banyak air yang masuk ke dalam, mau tidak mau anda harus membongkar bagian laptop, khususnya usahakan untuk bisa membuka keyboard karena bagian tersebut pastinya adalah yang paling mungkin menjadi tempat merembesnya air. Selain itu dengan membongkar bagian laptop akan memudahkan udara masuk ke dalam sehingga mempercepat proses pengeringan air.
laptop kena air balikkan laptop Laptop Kena Air ? Ini hal Pertama Yang Wajib Dilakukan
laptop kena air bongkar laptop Laptop Kena Air ? Ini hal Pertama Yang Wajib Dilakukan
  • Gunakan kain dengan daya serap yang tinggi pada bagian bagian yang bisa terjangkau dan usahakan bagian bagian tersebut bisa kering. Jika tidak terjangkau gunakan cotton buds dengan lembut seperti gambar dibawah ini
solusi laptop kena air Laptop Kena Air ? Ini hal Pertama Yang Wajib Dilakukan
  • Jika laptop anda dilengkapi dengan stiker stiker aksesoris, lepas stiker tersebut jika memang mungkin terdapat air disitu dan sutau saat bisa merembes ke bagian internal laptop.
  • Jika laptop anda ketumpahan kopi atau cairan lain yang memungkinkan meninggalkan sisa / residu, gunakan cotton buds untuk benar benar membersihkannya ini karena residu tersebut bisa saja menahan air untuk tetap berada di dalam bagian internal laptop.
  • Masih dalam laptop dengan keadaan terbuka, angin anginkan laptop tersebut supaya proses pengeringan lebih cepat dan jangan gunakan hair dryer karena peranghkat tersebut mengeluarkan panas, sehingga air bisa menguap dan uap tersebut bisa menyebar dengan cepat di bagian dalam laptop.
  • Jika sudah yakin sudah kering maka rakit kembali bagian bagian laptop dan coba untuk menghidupkan laptop tersebut apakah bisa nyala atau tidak. Dan jika laptop tersebut tidak nyala segera hubungi service center untuk laptop anda dan informasikan bahwa laptop anda kena air untuk memudahkan teknisi dalam proses perbaikan. Perlu diketahui bahwa walaupun laptop masih dalam masa garansi tetapi jika terjadi kerusakan karena tumpahan air maka garansi tersebut tidak akan berlaku.
Saya harap artikel tentang langkah langkah yang harus dilakukan jika laptop kena air ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP