Loading...

Tips Ampuh Cara Merawat LCD Laptop Agar Lebih Awet

Tips Ampuh Cara Merawat LCD Laptop Agar Lebih Awet

LCD+Laptop
Tips Ampuh Cara Merawat LCD Laptop Agar Lebih Awet - salam ,LCD laptop merupakan sebuah komponen output dengan menampilkan sebuah gambar dilayar. Sehingga jika LCD ini rusak maka kita tidak akan bisa dipakai sama sekali. Kerusakan pada LCD biasanya sangat riskan dan sangat sulit sekali untuk di perbaiki, jika memang benar-benar rusak maka penanganannya yaitu mengganti dengan yang baru.
Dalam merawat LCD laptop sebenarnya gampang-gampang susah, hanya bagaimana cara kita menangani dan merawat laptop secara baik dan benar agar tidak cepat rusak. Kerusakan pada LCD laptop bisa disebabkan oleh banyak hal contohnya : Cacat produk dari pabriknya dan penggunaan yang tidak benar. Dan biasanya yang sering terjadi pada kerusakan laptop yaitu LCD bergaris, LCD warnanya kurang cerah, LCD tiba-tiba mati tanpa adanya sebab, tampilan LCD gelap, tampilan yang bergetar naik turun dan lain sebagainya. Jika sudah mengalami gejala seperti contoh diatas maka LCD umurnya tidak akan lama, dan cepat atau lambat maka LCD laptop akan rusak.
Pada tutorial yang lalu IT Newbie juga pernah membahas tentang 8 Tips Jitu Memilih Laptop Bekas atau Second dan Cara Merawat Charger Baterai Laptop agar tidak cepat Rusak
Dalam merawat laptop kita harus tahu caranya, agar LCD laptop berumur panjang, tahan lama dan tidak cepat rusak. Berikut ini, cara merawat LCD laptop secara baik dan benar :
1. Sobat harus menghindari pemakaian laptop lebih dari 5 jam, sebaiknya dimatikan dahulu jika sudah 5 jam pemakaian, karena penggunaan yang terlalu lama akan membuat panas komponen didalam LCD laptop. Panas suhu LCD biasanya akan berpengaruh pada sel liquid dan komponen lainnya. 
Solusinya : Sobat bisa mematikan dahulu laptop kemudian nyalakan kembali setelah 20-30 menit agar panas didalam komponen LCD menjadi dingin dan memberikan sedikit jeda.
2. Pada menu power options pada pengaturan di windows agar diatur, jika beberapa menit tidak dipakai maka LCD akan mematikan secara otomatis. Dengan tujuan agar menghemat energi LCD.
3. Aturlah pengaturan brightness dan contrast layar LCD pada level menengah dan terang agar mudah dibaca.
4. Jika sobat membersihkan LCD sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih layar LCD dan gunakan secara rutin dan teratur. Jangan menggunakan cairan yang lain yang sifatnya keras yang dapat merusak layar LCD laptop sobat.
Jaga dan rawatlah LCD laptop sobat agar tidak cepat rusak karena jika sudah rusak maka akan sulit sekali diperbaiki dan penanganan terakhirnya yaitu dengan mengganti LCD yang baru. Harga LCD laptop juga terbilang cukup mahal, paling tidak jika sobat dapat mengikuti langkah penanganan dan merawat LCD laptop seperti tutorial diatas paling tidak bisa memperpanjang umur LCD.
Semoga tutorial Tips Ampuh Cara Merawat LCD Laptop Agar Lebih Awet yang singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP