Loading...

Tips Cara Merawat RAM Pada Komputer

Tips Cara Merawat RAM Pada Komputer

RAM+-+Random+Access+Memory
Tips Cara Merawat RAM Pada Komputer - Salam, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang merupakan perangkat keras yang terdapat pada komputer yang mempunyai fungsi yaitu sebagai tempat penyimpanan data secara sementara. Ram sangat penting peranan dan fungsinya dalam sistem operasi windows. Jika kita mempunyai Ram yang kecil maka komputer atau laptop kita akan menjadi sangat lambat.
Bilamana RAM yang membuffer aplikasi-aplikasi yang terdapat pada sistem windows kita kurang atau kecil maka dapat dipastikan hardisk juga akan memperlambat kecepatannya dalam mengeksekusi setiap perintah.
Jika kita mempunyai sebuah RAM, lebih dari 4GB lebih baik gunakan windows 64bit, karena versi 64 bit bekerja lebih optimal dibandingkan dengan 32 bit. Untuk sobat yang ingin mengetahui Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit, langsung saja ke tutorial nya.
Dalam tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Cara Optimalkan Flashdisk untuk RAM dan kali ini IT Newbie akan memberikan tutorial yang mungkin bermanfaat untuk sobat semua yaitu Tips Cara Merawat RAM pada komputer atau Laptop. Langsung saja akan kita bahas seperti berikut ini :
1. Sobat bisa menyiapkan penghapus kertas dan sebuah kuas
2. Jangan lupa untuk mematikan dahulu komputernya
3. Sobat dapat mencabut RAM (SDRAM, DDR1, DDR2) pada slot di motherboard komputer sobat.
4. Bersihkan Slot yang terdapat pada motherboard dengan sebuah kuas, agar debu-debu yang menempel pada slot RAM nya hilang.
5. Untuk permasalahan RAM yang tidak terbaca/error biasanya hanya dengan menggunakan penghapus kertas.
6. Sobat bisa menggosok pada bagian tembaga yang berwarna kuning pada RAM yang biasa digunakan untuk menempelkan pada slot motherboard. Pastikan tidak adanya debu atau kotoran pada bagian tembaga RAM tersebut.
Seperti itulah cara merawat RAM pada komputer, yang terkadang komputer kita error dan mengeluarkan suara beep secara berulang kali.
Bagaimana? cukup mudah bukan, langkah-langkah diatas. Jika sobat belum paham bisa melayangankan komentar dibawah ini.
Semoga tutorial Tips Cara Merawat RAM pada Komputer dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk sobat semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP